Circle of Fifths



Dalam teori musik, Circle of fifths menunjukkan hubungan antara dua belas nada chromatic scale,  yang mengorganisi 12 Mayor scale ke dalam KEY SIGNATURE (signature kunci).
Lebih khusus lagi, Circle of fifths merupakan representasi geometris hubungan antar 12 pitch chromatic scale dalam lingkaran pitch.
Karena istilah ‘fifths’ mendefinisikan rasio interval atau matematika yang merupakan non-oktaf interval terdekat dan paling konsonan,
Dalam Skala Mayor, kita mengetahui bahwa “kunci” merujuk starting note (root) dari scale. “Signature Key” hanya mengacu pada jumlah sharp atau flat yang muncul pada setiap kunci.
Tidak ada dua scale mayor akan berisi jumlah yang sama dari sharp atau flat,
sehingga scale dapat dengan mudah diatur oleh Signature Key.

Musisi dan komposer menggunakan Circle of fifths untuk memahami dan menggambarkan hubungan tersebut.
Desain lingkaran sangat membantu dalam menyusun dan harmonisasi melodi, bangunan
chord, dan pindah ke kunci yang berbeda dalam komposisi.
bagaimana cara kerjanya?
Seperti yang kita pelajari dalam Scale Mayor, C Mayor tidak mengandung note sharp atau flat (natural notes).
Do  Re  Mi Fa  Sol La Si
C    D    E   F    G   A   B
Semua kunci lainnya akan memiliki jumlah note sharp atau flat yang bervariasi . (Setiap kunci memiliki signature kunci unik).
Jika kita membangun scale dengan nada ke-5 dari scale C mayor, kita mendapatkan scale G Major.
Do  Re  Mi  Fa Sol La Si
G    A    B   C   D   E  F#
Perhatikan bahwa scale G Major memiliki satu nada yang sharp (F #).
Sekarang, mari kita membangun dari nada ke-5 dari G Major.
Yang akan memberi kita D mayor.
Do Re Mi Fa Sol La Si
D   E   F# G  A   B  C# 
Perhatikan bahwa kita sekarang memiliki dua note yang sharp (F # dan C #).
Jika kita membangun dari nada ke-5 dari D Major,
kita mendapatkan scale A Major.
Do  Re Mi  Fa Sol La   Si
A    B   C# D  E    F# G#
Seperti yang Anda duga, A Major memiliki satu sharp lebih dari scale D Major.
Begitulah cara kerjanya.
Jika Anda membangun scale Major dari nada ke-5 dari scale Mayor lainnya,
scale baru akan memiliki satu sharp lebih banyak dari scale yang Anda mulai.
Di situlah “5ths” dalam Circle of fifth berasal,
tapi bagaimana dengan “Circle”?
Circle berasal dari kenyataan bahwa jika Anda terus membangun scale dari nada ke-5 dari scale sebelumnya,
Anda akhirnya akan berakhir ke C mayor lagi dan akan kembali ke awal dimulai C Major lagi:
  • G adalah 5th note dari C Mayor.
  • D adalah 5th note dari G Mayor.
  • A adalah 5th note dari D Mayor.
  • E adalah 5th note dari A Mayor.
  • B adalah 5th note dari E Mayor.
  • F# adalah 5th note dari B Mayor.
  • C# adalah 5th note dari F# Mayor.
  • G# adalah 5th note dari C# Mayorr.
  • D# adalah 5th note dari G# Mayor.
  • A# adalah 5th note dari D# Mayor.
  • F adalah 5th note dari A# Mayor.
  • C adalah 5th note dari F Mayor.
Sekarang, salah satu konvensi key signature adalah bahwa key signature yang benar tidak bercampur antara sharp dan flat. Anda hanya akan mendapatkan salah satu, tidak keduanya.
Konvensi lain adalah bahwa nama nada masing-masing hanya dapat digunakan sekali.
Kedua konvensi ini menjadikan masalah.
Setelah Anda mendapatkan sebuah titik tertentu di dalam lingkaran,
menjadi mustahil untuk mengamati dua konvensi tanpa mempertimbangkan nada F menjadi E#, dan C nada menjadi B#, atau beralih dengan sebutan DOUBLE SHARP. (dilambangkan dengan x, nada DOUBLE SHARP setara dengan 1 oktaf lebih tinggi. Cx adalah pitch yang sama seperti D.)
Mari kita lihat kunci F #:
F# G# A# B C# D# E# (F)
Untuk menghindari menggunakan kedua F dan F # dalam key signature, kita harus “membengkokkan” aturan dan kunci F sebagai E #.
Akan sangat membingungkan mencoba menulis baik F dan F # ke dalam signature kunci yang sama.
Sekarang, setelah Anda sampai ke Kunci G# dalam Circle of fifths, yang ditakuti akan muncul DOUBLE SHARP:
G# A# B# (C) C# D# E# (F) Fx (G)
Jadi, apa yang akan terjadi jika, bukannya mencoba menggunakan scale G#, kami menggunakan Ab saja?
(Ingat bahwa G # dan Ab adalah nada yang sama.)
Mari kita coba:
Ab Bb C Db Eb F G
Itu kelihatan jauh lebih baik dari G# tadi.
Jadi, mari kita melihat key signature yang menjadikan flat, bukan sharp.
Jika kita kembali ke scale C Major (CDEFGAB), tapi bukannya pergi ke nada 5, kita pergi ke nada 4 untuk membangun scale berikutnya, Kita mendapatkan F Major scale
F G A Bb C D E.
Perhatikan bahwa Kunci F Major memiliki satu flat.
Jika kita membangun scale berikutnya dari nada 4 dari skala F Mayor, kita mendapatkan Bb mayor
Bb C D Eb F G A.
Perhatikan bahwa kami sekarang memiliki dua flat.Ini adalah pola yang sama lagi.Jika Anda membangun skala Major dari nada 4 Major scale lain, scale baru akan memiliki satu lebih flat dari scale yang Anda mulai.
Dan sekali lagi, jika Anda terus berjalan, Anda akan berakhir segera kembali di C:
C Bb F Eb Ab Db Gb B E A G D C
Mari kita membalik urutan tersebut :
C G D A B E Gb (F #)…..
Bukankah itu urutan yang sama seperti kita miliki sebelumnya, ketika kita bermain di sharp?
(Kembali dan lihatlah.)
Jika kita mengambil Circle of fifths yang asli setiap perubahan sharp itu setara flat, kita mendapatkan ini:
C G D A E B F#/Gb Db Ab Eb Bb F C
Sekarang, mari kita lihat dengan cara ini:
http://metalzone666cok.files.wordpress.com/2011/05/circle-of-fifths.jpg?w=300&h=298
C berada pada posisi 12:00, karena kunci C tidak memiliki sharp atau flat.
Jika Anda melakukan perjalanan searah jarum jam di sekitar lingkaran itu ke posisi 06:00,
setiap Kunci berturut-turut memiliki satu sharp lebih dari kunci sebelumnya.
Jika Anda bepergian berlawanan dari arah jam ke posisi 06:00,
setiap Kunci berturut-turut memiliki satu flat lebih dari kunci sebelumnya.
Bergerak berlawanan di sekitar lingkaran kadang-kadang disebut sebagai lingkaran 4ths. dan juga disebut sebagai “back-cycling” melalui Circle of fifths.
Sekarang, mari kita lihat F # / Gb:
F # G # A # B C # D # E # (F)
atau?
Gb Ab Bb Cb (B) Eb Db F
Tidak ada bedanya apakah Anda menggunakan sharp atau flat dengan kunci ini. Keduanya memberikan Anda hasil yang sama.
Jika Anda menggunakan sharp, Anda akhirnya harus merujuk itu F sebagai E #.
Jika Anda menggunakan flat, Anda akhirnya harus merujuk ke B sebagai Cb.
Ini cukup ganjil, tapi tidak ada yang bisa dilakukan tentang hal itu.
Mengaplikasikan Circle of Fifths di Fingerboard.
Circle of Fifths sangat mudah untuk memvisualisasikan pada fingerboard:
http://metalzone666cok.files.wordpress.com/2011/05/circle-of-5ths.jpg?w=300&h=62
Lingkaran 4ths sama sederhana:
http://metalzone666cok.files.wordpress.com/2011/05/circle-of-5ths-2.jpg?w=300&h=62
Dalam setiap kasus, Anda mulai dengan C, dan tambahkan sharp atau flat untuk setiap Kunci berturut-turut.
Tetapi tidak bisa lebih mudah.
Tips
Circle of fifths masuk ke dalam kategori
“sesuatu yang berguna untuk mengetahui tetapi bukan sesuatu yang benar-benar dapat Anda latih” … yaitu, sampai Anda mulai menganalisis lagu dan / atau menulis lagu sendiri.
Banyak progresi
chord umum mengikuti Circle of fifth. Semakin akrab anda dengan Circle of fifths ini, semakin mudah anda memilih chort untuk digunakan dalam lagu.
Salah satu kegunaan Circle of fifths dalam arti komposisi adalah sebagai perangkat perubahan Kunci.
Mengubah key signature di tengah musik disebut MODULASI.
Modulasi halus terjadi antara Kunci yang hanya memiliki satu perbedaan nada antara dua Kunci.
Jika Anda telah memperhatikan, Anda harus menyadari bahwa ini adalah persis seperti bagaimana kunci diorganisir dengan Circle of fifths.
Cara yang baik itu praktek modulasi memanfaatkan “Circle of fifths“, adalah untuk mengambil posisi pada neck (leher) gitar dan “memainkan scale” melalui lingkaran. Tanpa bergerak naik atau turun fingerboard lebih dari satu fret, Anda harus dapat memilih setiap Kunci sharp atau flat berturut-turut dan memainkan scale Mayor.
Jika Anda bermain solo selama progresi chord yang tiba-tiba bergeser itu sebuah kunci baru, kemampuan untuk segera beralih ke scale yang tepat adalah suatu keharusan.
Pelajari scale Anda.
Pelajari fingerboard Anda.
Itulah satu-satunya cara.