Dalam teori musik, Circle of
fifths menunjukkan hubungan antara dua belas nada chromatic scale,
yang mengorganisi 12 Mayor scale ke dalam KEY SIGNATURE (signature
kunci).
Lebih khusus lagi, Circle of fifths merupakan representasi geometris hubungan antar 12 pitch chromatic scale dalam lingkaran pitch.
Karena istilah ‘fifths’ mendefinisikan rasio interval atau matematika yang merupakan non-oktaf interval terdekat dan paling konsonan,
Lebih khusus lagi, Circle of fifths merupakan representasi geometris hubungan antar 12 pitch chromatic scale dalam lingkaran pitch.
Karena istilah ‘fifths’ mendefinisikan rasio interval atau matematika yang merupakan non-oktaf interval terdekat dan paling konsonan,
Dalam Skala Mayor, kita mengetahui
bahwa “kunci” merujuk starting note (root) dari scale. “Signature Key” hanya
mengacu pada jumlah sharp atau flat yang muncul pada setiap kunci.
Tidak ada dua scale mayor akan berisi jumlah yang sama dari sharp atau flat,
sehingga scale dapat dengan mudah diatur oleh Signature Key.
Musisi dan komposer menggunakan Circle of fifths untuk memahami dan menggambarkan hubungan tersebut.
Desain lingkaran sangat membantu dalam menyusun dan harmonisasi melodi, bangunan chord, dan pindah ke kunci yang berbeda dalam komposisi.
Tidak ada dua scale mayor akan berisi jumlah yang sama dari sharp atau flat,
sehingga scale dapat dengan mudah diatur oleh Signature Key.
Musisi dan komposer menggunakan Circle of fifths untuk memahami dan menggambarkan hubungan tersebut.
Desain lingkaran sangat membantu dalam menyusun dan harmonisasi melodi, bangunan chord, dan pindah ke kunci yang berbeda dalam komposisi.
bagaimana cara kerjanya?
Seperti yang kita pelajari dalam
Scale Mayor, C Mayor tidak mengandung note sharp atau flat (natural notes).
Do Re Mi Fa Sol La
Si
C D E F G A B
C D E F G A B
Semua kunci lainnya akan memiliki
jumlah note sharp atau flat yang bervariasi . (Setiap kunci memiliki signature
kunci unik).
Jika kita membangun scale dengan
nada ke-5 dari scale C mayor, kita mendapatkan scale G Major.
Do Re Mi Fa Sol La
Si
G A B C D E F#
G A B C D E F#
Perhatikan bahwa scale G Major
memiliki satu nada yang sharp (F #).
Sekarang, mari kita membangun dari
nada ke-5 dari G Major.
Yang akan memberi kita D mayor.
Yang akan memberi kita D mayor.
Do Re Mi Fa Sol La Si
D E F# G A B C#
D E F# G A B C#
Perhatikan bahwa kita sekarang
memiliki dua note yang sharp (F # dan C #).
Jika kita membangun dari nada ke-5
dari D Major,
kita mendapatkan scale A Major.
kita mendapatkan scale A Major.
Do Re Mi Fa Sol
La Si
A B C# D E F# G#
A B C# D E F# G#
Seperti yang Anda duga, A Major
memiliki satu sharp lebih dari scale D Major.
Begitulah cara kerjanya.
Begitulah cara kerjanya.
Jika Anda membangun scale Major dari
nada ke-5 dari scale Mayor lainnya,
scale baru akan memiliki satu sharp lebih banyak dari scale yang Anda mulai.
Di situlah “5ths” dalam Circle of fifth berasal,
tapi bagaimana dengan “Circle”?
Circle berasal dari kenyataan bahwa jika Anda terus membangun scale dari nada ke-5 dari scale sebelumnya,
Anda akhirnya akan berakhir ke C mayor lagi dan akan kembali ke awal dimulai C Major lagi:
scale baru akan memiliki satu sharp lebih banyak dari scale yang Anda mulai.
Di situlah “5ths” dalam Circle of fifth berasal,
tapi bagaimana dengan “Circle”?
Circle berasal dari kenyataan bahwa jika Anda terus membangun scale dari nada ke-5 dari scale sebelumnya,
Anda akhirnya akan berakhir ke C mayor lagi dan akan kembali ke awal dimulai C Major lagi:
- G adalah 5th note dari C Mayor.
- D adalah 5th note dari G Mayor.
- A adalah 5th note dari D Mayor.
- E adalah 5th note dari A Mayor.
- B adalah 5th note dari E Mayor.
- F# adalah 5th note dari B Mayor.
- C# adalah 5th note dari F# Mayor.
- G# adalah 5th note dari C# Mayorr.
- D# adalah 5th note dari G# Mayor.
- A# adalah 5th note dari D# Mayor.
- F adalah 5th note dari A# Mayor.
- C adalah 5th note dari F Mayor.
Sekarang, salah satu konvensi key
signature adalah bahwa key signature yang benar tidak bercampur antara sharp
dan flat. Anda hanya akan mendapatkan salah satu, tidak keduanya.
Konvensi lain adalah bahwa nama nada masing-masing hanya dapat digunakan sekali.
Kedua konvensi ini menjadikan masalah.
Konvensi lain adalah bahwa nama nada masing-masing hanya dapat digunakan sekali.
Kedua konvensi ini menjadikan masalah.
Setelah Anda mendapatkan sebuah
titik tertentu di dalam lingkaran,
menjadi mustahil untuk mengamati dua konvensi tanpa mempertimbangkan nada F menjadi E#, dan C nada menjadi B#, atau beralih dengan sebutan DOUBLE SHARP. (dilambangkan dengan x, nada DOUBLE SHARP setara dengan 1 oktaf lebih tinggi. Cx adalah pitch yang sama seperti D.)
menjadi mustahil untuk mengamati dua konvensi tanpa mempertimbangkan nada F menjadi E#, dan C nada menjadi B#, atau beralih dengan sebutan DOUBLE SHARP. (dilambangkan dengan x, nada DOUBLE SHARP setara dengan 1 oktaf lebih tinggi. Cx adalah pitch yang sama seperti D.)
Mari kita lihat kunci F #:
F# G# A# B C# D# E# (F)
F# G# A# B C# D# E# (F)
Untuk menghindari menggunakan kedua
F dan F # dalam key signature, kita harus “membengkokkan” aturan dan kunci F
sebagai E #.
Akan sangat membingungkan mencoba menulis baik F dan F # ke dalam signature kunci yang sama.
Akan sangat membingungkan mencoba menulis baik F dan F # ke dalam signature kunci yang sama.
Sekarang, setelah Anda sampai ke
Kunci G# dalam Circle of fifths, yang ditakuti akan muncul DOUBLE SHARP:
G# A# B# (C) C# D# E# (F) Fx (G)
G# A# B# (C) C# D# E# (F) Fx (G)
Jadi, apa yang akan terjadi jika,
bukannya mencoba menggunakan scale G#, kami menggunakan Ab saja?
(Ingat bahwa G # dan Ab adalah nada yang sama.)
Mari kita coba:
(Ingat bahwa G # dan Ab adalah nada yang sama.)
Mari kita coba:
Ab Bb C Db Eb F G
Itu kelihatan jauh lebih baik dari
G# tadi.
Jadi, mari kita melihat key
signature yang menjadikan flat, bukan sharp.
Jika kita kembali ke scale C Major (CDEFGAB), tapi bukannya pergi ke nada 5, kita pergi ke nada 4 untuk membangun scale berikutnya, Kita mendapatkan F Major scale
Jika kita kembali ke scale C Major (CDEFGAB), tapi bukannya pergi ke nada 5, kita pergi ke nada 4 untuk membangun scale berikutnya, Kita mendapatkan F Major scale
F G A Bb C D E.
Perhatikan bahwa Kunci F Major
memiliki satu flat.
Jika kita membangun scale berikutnya dari nada 4 dari skala F Mayor, kita mendapatkan Bb mayor
Jika kita membangun scale berikutnya dari nada 4 dari skala F Mayor, kita mendapatkan Bb mayor
Bb C D Eb F G A.
Perhatikan bahwa kami sekarang
memiliki dua flat.Ini adalah pola yang sama lagi.Jika Anda membangun skala
Major dari nada 4 Major scale lain, scale baru akan memiliki satu lebih flat
dari scale yang Anda mulai.
Dan sekali lagi, jika Anda terus berjalan, Anda akan berakhir segera kembali di C:
Dan sekali lagi, jika Anda terus berjalan, Anda akan berakhir segera kembali di C:
C Bb F Eb Ab Db Gb B E A G D C
Mari kita membalik urutan tersebut :
C G D A B E Gb (F #)…..
Bukankah itu urutan yang sama
seperti kita miliki sebelumnya, ketika kita bermain di sharp?
(Kembali dan lihatlah.)
Jika kita mengambil Circle of fifths yang asli setiap perubahan sharp itu setara flat, kita mendapatkan ini:
(Kembali dan lihatlah.)
Jika kita mengambil Circle of fifths yang asli setiap perubahan sharp itu setara flat, kita mendapatkan ini:
C G D A E B F#/Gb Db Ab Eb Bb F C
Sekarang, mari kita lihat dengan
cara ini:
C berada pada posisi 12:00, karena kunci C tidak memiliki sharp atau flat.
Jika Anda melakukan perjalanan searah jarum jam di sekitar lingkaran itu ke posisi 06:00,
setiap Kunci berturut-turut memiliki satu sharp lebih dari kunci sebelumnya.
Jika Anda bepergian berlawanan dari arah jam ke posisi 06:00,
setiap Kunci berturut-turut memiliki satu flat lebih dari kunci sebelumnya.
C berada pada posisi 12:00, karena kunci C tidak memiliki sharp atau flat.
Jika Anda melakukan perjalanan searah jarum jam di sekitar lingkaran itu ke posisi 06:00,
setiap Kunci berturut-turut memiliki satu sharp lebih dari kunci sebelumnya.
Jika Anda bepergian berlawanan dari arah jam ke posisi 06:00,
setiap Kunci berturut-turut memiliki satu flat lebih dari kunci sebelumnya.
Bergerak berlawanan di sekitar
lingkaran kadang-kadang disebut sebagai lingkaran 4ths. dan juga disebut
sebagai “back-cycling” melalui Circle of fifths.
Sekarang, mari kita lihat F # / Gb:
F # G # A # B C # D # E # (F)
atau?
Gb Ab Bb Cb (B) Eb Db F
Tidak ada bedanya apakah Anda
menggunakan sharp atau flat dengan kunci ini. Keduanya memberikan Anda hasil
yang sama.
Jika Anda menggunakan sharp, Anda akhirnya harus merujuk itu F sebagai E #.
Jika Anda menggunakan flat, Anda akhirnya harus merujuk ke B sebagai Cb.
Ini cukup ganjil, tapi tidak ada yang bisa dilakukan tentang hal itu.
Jika Anda menggunakan sharp, Anda akhirnya harus merujuk itu F sebagai E #.
Jika Anda menggunakan flat, Anda akhirnya harus merujuk ke B sebagai Cb.
Ini cukup ganjil, tapi tidak ada yang bisa dilakukan tentang hal itu.
Mengaplikasikan Circle of Fifths
di Fingerboard.
Circle of Fifths sangat mudah untuk
memvisualisasikan pada fingerboard:
Dalam setiap kasus, Anda mulai dengan C, dan tambahkan sharp atau flat untuk setiap Kunci berturut-turut.
Tetapi tidak bisa lebih mudah.
Tips
Circle of fifths masuk ke dalam kategori
“sesuatu yang berguna untuk mengetahui tetapi bukan sesuatu yang benar-benar dapat Anda latih” … yaitu, sampai Anda mulai menganalisis lagu dan / atau menulis lagu sendiri.
Banyak progresi chord umum mengikuti Circle of fifth. Semakin akrab anda dengan Circle of fifths ini, semakin mudah anda memilih chort untuk digunakan dalam lagu.
Salah satu kegunaan Circle of fifths dalam arti komposisi adalah sebagai perangkat perubahan Kunci.
Mengubah key signature di tengah musik disebut MODULASI.
Modulasi halus terjadi antara Kunci yang hanya memiliki satu perbedaan nada antara dua Kunci.
Jika Anda telah memperhatikan, Anda harus menyadari bahwa ini adalah persis seperti bagaimana kunci diorganisir dengan Circle of fifths.
“sesuatu yang berguna untuk mengetahui tetapi bukan sesuatu yang benar-benar dapat Anda latih” … yaitu, sampai Anda mulai menganalisis lagu dan / atau menulis lagu sendiri.
Banyak progresi chord umum mengikuti Circle of fifth. Semakin akrab anda dengan Circle of fifths ini, semakin mudah anda memilih chort untuk digunakan dalam lagu.
Salah satu kegunaan Circle of fifths dalam arti komposisi adalah sebagai perangkat perubahan Kunci.
Mengubah key signature di tengah musik disebut MODULASI.
Modulasi halus terjadi antara Kunci yang hanya memiliki satu perbedaan nada antara dua Kunci.
Jika Anda telah memperhatikan, Anda harus menyadari bahwa ini adalah persis seperti bagaimana kunci diorganisir dengan Circle of fifths.
Cara yang baik itu praktek modulasi
memanfaatkan “Circle of fifths“, adalah untuk mengambil posisi pada neck
(leher) gitar dan “memainkan scale” melalui lingkaran. Tanpa bergerak naik atau
turun fingerboard lebih dari satu fret, Anda harus dapat memilih setiap Kunci
sharp atau flat berturut-turut dan memainkan scale Mayor.
Jika Anda bermain solo selama progresi chord yang tiba-tiba bergeser itu sebuah kunci baru, kemampuan untuk segera beralih ke scale yang tepat adalah suatu keharusan.
Jika Anda bermain solo selama progresi chord yang tiba-tiba bergeser itu sebuah kunci baru, kemampuan untuk segera beralih ke scale yang tepat adalah suatu keharusan.
Pelajari scale Anda.
Pelajari fingerboard Anda.
Itulah satu-satunya cara.
Pelajari fingerboard Anda.
Itulah satu-satunya cara.
0 komentar: (+add yours?)
Posting Komentar