Guitar Scales




Sekarang mari kita lihat apa yang terjadi ketika kita stack (menyusun) satu nada yang lebih ke atas masing-masing triad.
Ketika scale C mayor di harmonisasi menggunakan empat note, kita sampai pada chord berikut:
C mayor 7 (C, E, G, B)
D minor 7 (D, F, A, C)
E minor 7 (E, G, B, D)
F mayor 7 (F, A, C, E)
G dominant 7 (G, B, D, F)
A minor 7 (A, C, E, G)
B minor 7b5 (B, D, F, A)
C mayor 7 (C, E, G, B)
Chord di atas diatonic ke kunci C mayor.
Anda sekarang harus mengetahui informasi berikut tentang chord dengan kunci apa saja:
The I chord is major 7.
The II chord is minor 7.
The III chord is minor 7.
The IV chord is major 7.
The V chord is dominant 7.
The VI chord is minor 7.
The VII chord is minor7b5.
The VIII chord is major 7.
Menerapkan prinsip-prinsip chord diatonic harmonic untuk menemukan mayor 7, minor 7, dan dominant 7 dalam setiap kunci gitar.
Anda mungkin tidak akan melihat terlalu banyak jenis chord di atas pada musik rock atau metal. Dan seperti yang sudah dibahas
sebelumnya kebanyakan progresi rock dan metal (perkembangan suatu urutan terorganisasi chord) lebih sering memakai power chord.
Meskipun
chord power tidak mayor atau minor tapi dapat berfungsi sebagai chord mayor atau minor dalam progresi chord.
Progresi chord A terdiri dari; F # minor, D mayor, E mayor dan C# minor dalam kunci A mayor.
Jika progresi yang sama hanya mengandung
power chord, masih akan berada dalam kunci A mayor.
Power Chord F#, berfungsi sebagai F# chord minor, fungsi Power chord D sebagai chord D mayor, fungsi Power chord E sebagai chord E mayor, dan
fungsi Power chord C#  sebagai chord C# minor.
Tidak masalah apakah progresi terdiri dari “7″ chord, triad, atau power chords, hal terpenting untuk kunci progresi tersebut dikaitkan bersama, agar Anda dapat mengetahui kegunaan scale ketika tiba saatnya untuk berimprovisasi.
Mari kita melihat pada scale C mayor lagi. “sixth degree” dari scale C mayor adalah A. Jika kita mengambil note yang tepat dari scale C mayor dan mengatur mereka agar dimulai dan berakhir di scale “sixth degree”, ini yang akan menjadi hasilnya:
A B C D E F G A
Scale di atas disebut A relative minor (juga dikenal sebagai pure minor, natural minor, dan Aeolian mode). Scale A minor relative dibangun dari note yang sama dengan scale C mayor. Maka A minor adalah “relatif” terhadap C mayor.
Sekarang mari kita melihat kembali pada scale E mayor.
Tingkat keenam scale E mayor adalah C#. Jika semua note dalam scale E mayor tersebut dimulai dan berakhir ke scale “sixth degree”,
ini yang akan menjadi hasilnya:
C # D # E F # G # A B C #
Scale di atas disebut C # relative minor. Ini berisi note yang sama dengan scale E mayor. C# minor adalah relative terhadap E mayor.
Chord dalam kunci minor relative adalah sama dengan chord mayor itu sendiri. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kunci relative minor, dimulai dari chord “sixth degree”.
  • Chord di kunci C mayor:
C major, D minor, E minor, F major, G major, A minor, B diminished, C major.
  • Chord di kunci A minor:
A minor, B diminished, C major, D minor, E minor, F major, G major, A minor.
  • Chord di kunci E mayor:
E major, F# minor, G# minor, A major, B major, C# minor, D# diminished, E major.
  • Chord di kunci C# minor:
C# minor, D# diminished, E major, F# minor, G# minor, A major, B major, C# minor.
Sebuah progresi chord dapat dinamai kunci mayor atau minor. Sebab, kebanyakan lagu-lagu rock dan metal dan pusat progresi ada di sekitar power chord yang berfungsi sebagai chord minor, mereka biasanya disebut dengan kunci minor.
Sekarang waktunya untuk mengeksplorasi jenis scale berbeda seperti yang muncul di fretboard gitar.
Untuk masing-masing scale, setidaknya ada lima pola fingering yang berbeda.
Menjadi akrab bersama semua pattern (pola) jari untuk semua jenis scale akan membekali Anda kemampuan untuk menggunakan scale yang ada seluruh fretboard.
Semua scale patterns (pola) “moveable”.
Ini berarti mereka dapat bergerak dari fret ke fret, dengan setiap posisi memberikan nama baru pada chord letter. Semua “circled notes” akan menunjukkan root scale. Note yang menentukan nama huruf dari scale.
Metodenya adalah “moveable”.
Jika “pattern” 1 untuk scale minor pentatonik dimainkan di fret kelima, itu adalah kunci A, karena string keenam, fret kelima adalah note A. (root note pada string keempat dan pertama juga note A). Memainkan pola yang sama di fret ketiga dan di kunci G, sebagai string keenam,fret ketiga adalah note G.
Setelah Anda cukup tahu pattern scale dan melihat betapa mudahnya untuk mengubah kunci dengan memindahkan mereka ke posisi yang berbeda pada fretboard, Anda mungkin tidak akan merasa tergoda untuk membuat scale menggunakan rumus. Pola scale yang Anda pelajari lebih baik disajikan dengan memainkan instrumen yang sebenarnya.
Metode membangun scale menggunakan rumus didemonstrasikan untuk Anda dalam sisi teori. Karena setiap jenis scale berbeda dan kita perlu mengetahui rumus untuk membangun scale.