Simbol-Simbol Dalam Tablature Gitar




Simbol Yang Digunakan di Tablature Gitar
Berikut adalah beberapa rincian yang perlu Anda ketahui untuk memahami cara membaca tablature gitar. Perlu diketahui bahwa beberapa simbol bervariasi, tergantung pada siapa yang membuat tablature tersebut.
  • Hammer On dan Pull Off
Huruf “h” mewakili simbol yang paling umum untuk hammer on, di dalam tablature antara fret yang dipetik dan yang di hammer (misalnya 7h9)
Demikian pula, huruf “p” umumnya digunakan untuk mewakili pull off, juga ditemukan di lokasi yang sama dalam tablature (misalnya 9p7)
Kadang-kadang, Anda akan melihat simbol ^ digunakan baik untuk hammer on atau pull off (misalnya 9 ^ 7 atau 7 ^ 9).
  • Bend dan Release
Bend menggunakan symbol “ b”, Sebagai contoh, 7b9 akan menunjukkan bahwa Anda harus mengangkat senar di fret ketujuh sampai terdengar seperti fret kesembilan.
Cara lain untuk menulis Bend, nada target termasuk dalam tanda kurung, seperti ini: 7b (9). Kadang-kadang, b dihilangkan sama sekali: 7 (9).
Release menggunakan symbol ”r” umumnya digunakan untuk menunjukkan kembalinya nada yang di bend. Sebagai contoh, 7b9r7 menunjukkan nada pada fret ketujuh yang di bend sampai ke fret kesembilan, kemudian kembali ke fret ketujuh lagi.
  • Slide up dan Slide Down
Slide up (ascending slide) menggunakan simbol ” /”, sedangkan Slide down (descending slide) menggunakan simbol “\”.
Jadi, 7 / 9 \ 7 menunjukkan sliding (seret) dari fret ketujuh, sampai fret kesembilan, dan kembali lagi ke fret ketujuh.
Jika tidak ada nomor yang mendahului simbol slide, ini menunjukkan sliding dari fret sembarang (\ 7 atau / 9).
Tidak jarang juga slide menggunakan simbol huruf “s”. Tapi agak kurang ringkas, seperti ketika sliding dari titik sembarang (misalnya S9), tidak jelas apakah untuk slide ke atas atau ke bawah.
  • Vibrato
Penggunaan vibrato dapat dinotasikan beberapa cara yang berbeda di tablature. Paling sering, simbol ~ yang digunakan, sering dirangkai untuk tampil sebagai ~ ~ ~ ~ . Kadang-kadang, vibrato akan hanya dinotasikan dengan huruf “v”.
  • Mute
string mute hampir selalu dinotasikan dengan huruf “x”.
  • Tapping
tapping umumnya dinotasikan dalam tab dengan huruf “t”, sering dihubungannya dengan pull off dan hammer on pada teknik yang digunakan ketika memainkan tapping.
Dengan demikian, 2h5t12p5p2 merupakan teknik tapping tradisional.
  • Harmonic
Notasi tab untuk harmonic, biasanya menggunakan simbol “ <   > ” .