OpenStreetMap

Apa itu OpenStreetMap?

OpenStreetMap (OSM) adalah sebuah proyek berbasis web untuk membuat peta seluruh dunia yang gratis dan terbuka, dibangun sepenuhnya oleh sukarelawan dengan melakukan survey menggunakan GPS, mendigitasi citra satelit, dan mengumpulan serta membebaskan data geografis yang tersedia di publik. Jadi siapapun bisa bergabung untuk melakukan pemetaan mengedit, menginput, atau bahkan mendownload data OpenStreetMap.

OpenStreetMap ini berada dibawah lisensi Open Data Commons Open Database Licencse (Odbl):

Bebas berbagi:  menyalin, mendistribusikan dan menggunakan database
Bebas Menciptakan: menghasilkan produk dari datbase.
Bebas mengadaptasi: memodifikasi ,mengubah bentuk dan membangun dari database, dengan catatan tetap mencantumkan OSM sebagai sumbernya, memiliki lisensi yang sama dan tetap terbuka.

Melalui Open Data Commons Open Database License 1.0, kontributor OSM dapat memiliki, memodifikasi, dan membagikan data peta secara luas. Terdapat beragam jenis peta digital yang tersedia di internet, namun sebagian besar memiliki keterbatasan secara legal maupun teknis. Hal ini membuat masyarakat, pemerintah, peneliti dan akademisi, inovator, dan banyak pihak lainnya tidak dapat menggunakan data yang tersedia di dalam peta tersebut secara bebas. Di sisi lain, baik peta dasar OSM maupun data yang tersedia di dalamnya dapat diunduh secara gratis dan terbuka, untuk kemudian digunakan dan diredistribusikan kembali.
Di banyak tempat di dunia ini, terutama di daerah terpencil dan terbelakang secara ekonomi, tidak terdapat insentif komersil sama sekali bagi perusahaan pemetaan untuk mengembangkan data di tempat ini. OSM dapat menjadi jawaban di banyak tempat seperti ini, baik itu untuk pengembangan ekonomi, tata kota, kontinjensi bencana, maupun untuk berbagai tujuan lainnya.


OSM adalah digital, yang membuatnya sangat berguna bagi kita, dan di OSM orang juga berbagi, yang berarti bahwa setiap orang memberikan manfaat untuk orang lain.
Dalam unit ini, Anda akan belajar bagaimana membuat peta digital. Anda akan belajar bagaimana menggunakan platform OSM, dan Anda akan membuat perubahan pertama Anda dan penambahan pada peta di seluruh dunia.


Sejarah (OSM)
Steve Coast merintis proyek ini pada tahun 2004. Awalnya ia berfokus memetakan Britania Raya. Di Britania dan negara lainnya, proyek pemerintah yang dibiayai pajak seperti Ordnance Survey menciptakan banyak sekali set data tetapi tidak bisa didistribusikan secara bebas dan luas. Pada bulan April 2006, OpenStreetMap Foundation didirikan untuk mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran data geospasial bebas dan membebaskan data tersebut agar dapat dipakai dan dibagikan siapa saja. Bulan Desember 2006,Yahoo! memberi konfirmasi bahwa OpenStreetMap boleh memakai fotografi udaranya sebagai latar belakang pembuatan peta.
Pada bulan April 2007, Automotive Navigation Data (AND) menyumbangkan set data jalan di seluruh Belanda dan data jalan utama diIndia dan Cina ke proyek ini. Pada Juli 2007, 9.000 pengguna terdaftar menghadiri konferensi internasional The State of the Mappertama. Kegiatan tersebut disponsori Google, Yahoo, dan Multimap. Bulan Oktober 2007, OpenStreetMap merampungkan proses impor set data jalan TIGER Sensus Amerika Serikat. Bulan Desember 2007, Universitas Oxford menjadi organisasi besar pertama yang menggunakan data OpenStreetMap di situs webnya.
Cara mengimpor dan mengekspor data terus berkembang. Pada 2008, proyek ini meluncurkan alat untuk mengekspor data OpenStreetMap ke perangkat GPS portabel, lantas menggantikan peta baku di dalamnya yang berhak cipta dan kedaluwarsa. Pada bulan Februari 2008, serangkaian lokakarya OpenStreetMap diadakan di India. Bulan Maretnya, dua pendiri perusahaan mengumumkan bahwa mereka mendapatkan modal sebesar 2,4 juta euro untukCloudMade, perusahaan komersial yang memanfaatkan data OpenStreetMap.
Tahun 2012, pematokan tarif untuk layanan Google Maps memicu sejumlah situs web ternama untuk beralih dari Google Maps ke OpenStreetMap dan produk saingan lainnya. Sebagian situs-situs ternama itu adalah Foursquare, Craigslist yang mengadopsi OpenStreetMap, dan Apple, Inc yang mengakhiri kontrak dengan Google dan meluncurkan platform peta mandiri yang memanfaatkan data TomTom dan OpenStreetMap.


Fitur-fitur (OSM)


Widget Fitur OSM membantu untuk mengidentifikasi fitur OSM. Ini menunjukkan informasi dasar tentang jenis dan pengenal fitur serta informasi tentang fitur siapa telah berubah, dan kapan. Widget Fitur OSM juga menyediakan semua alat edit (di bagian atasnya). Informasi lebih lanjut tentang alat tersebut dapat ditemukan di bagian bawah. Widget ini awalnya dinonaktifkan. Ini akan mengaktifkan sendiri setelah berhasil memuat beberapa data OSM.